Polres Gresik||Kapolres Hadiri Festival Bandeng Tradisi Jelang Hari Idul Fitri di Kabupaten Gresik

0
92

Kapolres Hadiri Festival Bandeng Tradisi Jelang Hari Idul Fitri di Kabupaten Gresik

Tribratanewsgresik.com – Bertempat di Jl.  Raden Santri ( Pertigaan Suling) Kec/Kab. Gresik,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menggelar tradisi pasar bandeng. Tradisi ini rutin diselenggarakan tiap tahun untuk melestarikan aktivitas masyarakat Gresik menjual ikan bandeng menjelang malam Hari Raya Idul Fitri 1440 H.Jum’at (31/5/19). Sore.

Bandeng yang dijual di pasar bandeng ini berasal dari tambak-tambak ikan yang ada di Gresik. Selain menampilkan kreasi masakan bandeng kropok, dalam festival bandeng ini juga digelar kontes bandeng. Bumper dan Maskot Bandeng muncul dari mini stage.

Berikut ini daftar pemenang Kontes Bandeng yang digelar di Pasar Bandeng 2019. Penyerahan hadiah pemenang juara 1, 2 dan 3 Kontes Bandeng 2019 Kabupaten Gresik, dengan keterangan Sebagai berikut,
Juara 1 Bandeng seberat 7,8 dengan pemilik Sdr.  Syaifulah Mahdi,  43 tahun,  alamat desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujung Pangkah Gresik, Juara 2 Bandeng seberat 7,6 kg,  dengan pemilik Rizal Kanal, 24 tahun, alamat Desa  Pangkah wetan Kecamatan Ujung Pangkah Gresik, Juara 3 Bandeng seberat 5,3 kg,  dengan nama pemilik M. Irfan, alamat desa  Mengare Kecamatan Bungah, Gresik.

Sambutan Bupati Gresik didampingi Forkopimda
menyampaikan terimakasih kepada masyarakat gresik yang telah hadir dalam kegiatan Kontes Bandeng 2019 serta  menyampaikan bahwa  Kontes Bandeng merupakan Adat asli Kab.  Gresik yang perlu dibudidayakan dan dipertahankan, Terkait dengan Kontes Bandeng sebagai Adat Kab.  Gresik mulai tahun ini Pemerintah Daerah memberikan aturan bahwa acara tahunan ini yang berjualan bandeng hanya boleh dari Warga Kab. Gresik dan tidak boleh dari luar wilayah Kabupaten Gresik agar perputaran uang kembali ke warga Gresik, Ungkap Sambari.

Di pasar bandeng ini anda juga dapat membeli barang kebutuhan lainnya seperti pakaian, makanan, mainan anak-anak, perlengkapan ibadah, hewan peliharan, hingga aksesoris. Kegiatan rutinan setiap tahun yang berusia ratusan tahun di kota Gresik ini selalu diadakan mulai dari jalan Raden Santri (Utara alun-alun Gresik) hingga jalan Gubernur Suryo kurang lebih sepanjang 2 kilometer.

Hadir dalam Kontes Bandeng Tradisional 2019 Gresik antara lain, Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST., Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, SH., SIK., MSi , Ketua Pengadilan Negeri Gresik Fransisku Arkadeus Ruwe, SH, M.H , Dandim 0817 Gresik LETKOL Inf Budi Handoko, S.Sos., Ketua DPRD Kab. Gresik Ahmad Nurhamim , Dr. H. Moh. Qosim M.Si ( Wakil Bupati Gresik ), Bayu Probo S, SH ( Kasi Intel Kejaksaan Negeri Gresik ), SKPD Pemkab Gresik, Masyarakat Kabupaten Gresik.

(Humas Polres Gresik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here