Polres Gresik : Sinergitas Diatas Trail Bersatu Dalam Satu Nafas

0
341

Untuk kelancaran dan optimalisasi Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto melengkapi 23 kendaraan operasional roda dua (motor trail) untuk Polres Gresik, Kodim 0817 Gresik dan Kejaksaan Negeri Gresik.

Penyerahan 23 unit motor trail 150 cc ini dilaksanakan bersamaan dengan apel Sinergitas 3 pilar yaitu Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Gresik yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gresik, Selasa (18/12/2018).

Bupati Gresik, Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim, Dandim 0817 Gresik Letkol Infantri Budi Handoko mendampingi Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro yang bertindak sebagai Inspektur apel pada kali ini. Kapolres yang membacakan amanat Kapolda Jawa Timur tersebut mengungkapkan. Kegiatan ini dalam rangka  mendorong terpeliharanya kamtibmas di wilayah Jawa Timur terutama di Kabupaten Gresik, menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Tiga pilar mencoba kendaraan

“Ketiga pilar selalu bersinergi, terutama dalam melaksanakan deteksi dini terhadap segala bentuk ancaman gangguan kamtibmas, dan ancaman konflik sosial serta potensi konflik yang ada di wilayah tugasnya masing masing,” ujarnya.

Apel tiga pilar bertujuan untuk menyinergikan tugas bhabinkamtibmas, babinsa, dan kepala desa sebagai ujung tombak dan garda terdepan dalam mewujudkan situasi serta kondisi lingkungan yang aman, nyaman dan tertib, serta tidak adanya gangguan kamtibmas.

Dia juga berharap agar Tiga pilar ini saling berangkulan selain itu, mereka harus merangkul berbagai kelompok masyarakat yang ada di wilayah tugasnya masing-masing.

Bupati Gresik menyambut baik apel bersama tiga pilar tersebut. Menurutnya, Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah dan Kades adalah aparat pemerintahan terdepan yang bertugas 24 jam di tengah masyarakat.

Mereka dapat merasakan denyut nadi masyarakatnya, dapat mengikuti gerak para warganya dan dapat mengetahui keluh kesah penduduk di wilayahnya ujarnya melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno.

Usai pelaksanaan apel, Bupati Gresik melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno menyatakan, bahwa Babinsa adalah pilar pertahanan dan keamanan di Desa, Babinkamtibmas pilar perlindungan dan pengayom masyarakat dan Lurah/ Kades adalah pilar pelayanan pemerintahan di Desa. Bupati juga berharap agar mereka benar-benar netral dan berdiri di tengah semua kekuatan politik.

“Bila mereka bersatu dalam satu nafas dan mereka benar-benar netral dan berdiri di tengah semua kekuatan politik. Bisa dibayangkan betapa kokohnya pilar NKRI di seluruh wilayah Kabupaten Gresik,” ujar Sutrisno mengulangi yang disampaikan Bupati.

Tentang alokasi 23 motor trail 150 cc, yang didanai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. Masing-masing kepada Polres Gresik sebanyak 15 unit, kepada Kodim 0817 Gresik sebanyak 5 unit dan Kepada Kejaksaan Negeri Gresik sebanyak 3 unit.

“Bantuan motor tersebut dipinjam pakaikan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan dilapangan. Terutama bisa dipakai untuk kegiatan operasional menjelang pelaksanaan pileg dan pilpres 2019 guna mewujudkan Gresik yang aman, kondusif dan terkendali.” tandas Kabag Humas Sutrisno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here